Kenakalan Remaja

Tinggalkan komentar

Oktober 29, 2012 oleh Abdi Suhendra Manik

Masalah Sosial Remaja Semakin Mengerikan

Keterlanjuran moral dan akhlak masyarakat umumnya remaja masa kini semakin mengkhawatirkan. Masalah ini bukan lagi masalah tersirat yang dialami masyarakat tetapis udah terpampang jelas depan mata.

Trend dan gaya hidup orang-orang barat seperti sudah membudaya di negeri ini.Sedangkan kita tahu Indonesia merupakan Negara yang menampung penduduk islam terbesar di dunia. Meskipun bukan berstatus Negara islam dan lebih bersifat modern dan tolerant tetapi bukankah lebih baik jika menerapkan dan menjunjung tinggi nilai-nilai murni dan moral yang diajarkan islam dalam kehidupan harian.

Melihat cara pergaulan, pertuturan, cara berfikir dan cara berpakaian terutama kaum wanita sudah sangat jauh terpesong dari apa yang seharusnya dipraktikkan sebagai seorang muslim.Cara berpakaian misalnya, semakin hari semakin mini.Para remaja menganggap ini adalah gaya hidup zaman modern.Tapi justru inilah yang menjadi punca kehancuran akhlak dan peribadi mereka.
Manatidaknya, seorang wanita yang berpakaian singkat dan menampakkan aurat serta perhiasan yang berlebihan sudah pasti bisa menaikkan nafsu syahwat kaum lelaki.Hal inilah yang menyebabkan berlaku kasus-kasus jenayah pemerkosaan seperti yang terjadi belakangan ini. Meski ada yang berpendapat bahawa pakaian mini bukanlah puncanya, tapi itu mungkin hanya pendapat untuk memenangkan mereka yang masih dan sulit untuk meninggalkan amalan berpakaian mini dan seksi ini.Namun menurut kajian ahli sosiologi berpakaian seksi atau mini membuka kebarangkalian besar untuk terjadinya kriminal pemerkosaan. Selain itu wanita yang suka berpakaian seksi ini terlihat tidak sopan dan kurang anggun. Bukan ingin menyalahkan kaum wanita, tetapi ini merupakan pandangan sebagian orang yang bertujuan untuk kebaikan .

Cara pergaulan dan komunikasi remaja juga semakin keterlaluan. Pergaulan bebas antara laki-laki dan perempuan semakin tidak terbendung lagi.Mereka bebas berpegangan dan berpelukan sesukanya. Yang menghairankan saya, ia dilakukan di depan umum tanpa ada pihak yang menegur atau melarang perbuatan tersebut terutama dimalam minggu. Malam minggu istilah yang semakin disalah gunakan oleh para remaja kita.Bag imereka malam minggu adalah malam untuk mereka berpacaran dan bermesraan sekaligus memicu kepada peningkatan jenayah sosial di Negara. Ini adalah cara barat, budaya orang-orang barat, tapi kenapa diperankan oleh masyarakat islam di dunia nyata??

Masalahsosial lain yang sedang menjadi wabak yang membahayakan remaja kini adalah sex phon dan chating. Sangat ngeri dan menjijikkan. Kemudahan internet dan alat komunikasi yang dibekalkan kepada mereka disalah gunakan untuk keinginan yang sangat tidak bermanfaat. Kebiasaan ini akan menyebabkan mereka sentiasa berfikiran negative, suka berkhayal dan paling buruk suka beronani. Onani memberi dampak sangat jelek pada fizik dan batin remaja. Menurut penyelidikan pakar, remaja yang suka melakukan onani akan terlihat lebih tua dari usia sebenar. Mereka juga tidak fokus terhadap pelajaran dan pekerjaan mereka. Apa yang ditakutkan, mereka akan lebih berani untuk melakukan hubungan terlarang dan penzinaan.

Faktor kekeluargaan sangat releven dengan kepincangan akhlak dan moral remaja. Didikan dan asuhan ibu bapa amatlah mempengaruhi sikap dan cara berfiki ranak. Jika sejak kecil anak-anak telah diberi didikan agama yang cukup dan diasuh dengan disiplin tentang cara pergaulan yang baik dan sentiasa menjaga maruah diri dan keluarga,pasti remaja tidak mudah terjebak dengan masalah sosial seperti ini. Kalau bisa janganlah selalu menimbulkan kericuhan di dalam rumah. Pertengkaran orang tua misalnya bisa menyebabkan anak merasa stress dan tidak betah lalu akhirnya mencari suasana yang lebih enak di luar dan berteman bersama remaja yang tidak sepatutnya.

Ibu bapa yang terlalu sibuk dengan pekerjaan seharusnya segera mengambil inisiatif agar anak-anak tidak terlalu jauh terjebak dalam masalah ini. Misalnya ibu bapa bisa menjadualkan waktu mereka untuk diluangkan bersama anak-anak satu hari penuh dalam seminggu. Cubalah berbincang dengan mereka, bertanya masalah mereka, mengambil tahu perkembangan pelajaran atau teman-teman mereka agar mereka lebih nyaman dan terbuka pada anda. Walaupun ‘Waktu’ itu ibarat ‘emas’ bagi pengusaha dan orang-orang bisnis, tetapi anak-anak juga merupakan intan permata yang tidak harus dibiarkan hilang sinar akhlak mulia dalam dirinya.

Media television dan para public figure juga mungkin bisa berfikir dua kali untuk mempertontonkan imej dan penampilan yang menjolok mata kepada umum. Wanita yang menggunakan pakaian-pakaian yang terlalu singkat sehingga membuka dada dan di atas paras lutut itu bukanlah sesuatu yang wajar untuk diperlihatkan dan menjadi ikutan remaja. TV merupakan media yang sangat berpengaruh besa rkepada remaja. Mereka lebih suka meniru gaya dan trend yang ada di TV. Pihak-pihak yang berkaitan mungkin bisa mewujudkan larangan untuk berpakaian terlalu terbuka di depan umum. Kalaupun tidak mahu berkerudung, memakai pakaian yang menutup bahagian dada dan paras lutut, sudah cukup baik untuk masyarakat. Pihak wanita haruslah berfikiran terbuka untuk merima teguran atau pandangan semacam ini.

Masalah sosial, keruntuhan akhlak dan morality remaja bukanlah isu kecil yang hanya dipertanggungjawabkan pada satu-satu pihak. Seluruh lapisan masyarakat harus menggembleng tenaga untuk mencegah dan mengentas masalah ini agar tidak terus mendarah daging dalam diri remaja yang menjadi pewaris bangsa kelak.

Sumber: http://id.shvoong.com/social-sciences/sociology/2215413-masalah-sosial-remaja-semakin-mengerikan/#ixzz2AfhtzcvY

Opini Saya : orang tua harus memperhatikan pergaulan anaknya. agar si anak tidak terjerumus ke pergaulan yang kurang baik. dan harus memberikan arahan yang baik kepada si anak agar si anak dapat mengerti betapa tidak pentingnya pergaulan yang negatif dan merugikan diri sendiri dan orang lain juga.

Dan si anak juga harus pandai mencari figur figur orang dewasa yang telah melawati masa remajanya dengan baik. karna itu juga berguna untuk membangun motivasi nya sendiri untuk sukses, dan menjauhi pergaulan negatiif.

Mendekatkan diri kepada Tuhan, rajin ibadah, sering berkomunikasi dengan Tuhan agar diberi pencerahan yang terang dan pikiran yang bijak.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

Arsip

Masukkan alamat surat elektronik Anda untuk mengikuti blog ini dan menerima pemberitahuan tentang tulisan baru melalui surat elektronik.

Bergabunglah dengan 3 pengikut lainnya

%d blogger menyukai ini: