Pro dan Kontra Pancasila

Tinggalkan komentar

April 10, 2013 oleh Abdi Suhendra Manik

Pancasila adalah ideologi dasar bagi negara Indonesia. Nama ini terdiri dari dua kata dari Sanskerta: pañca berarti lima dan śīla berarti prinsip atau asas. Pancasila merupakan rumusan dan pedoman kehidupan berbangsa dan bernegara bagi seluruh rakyat Indonesia.

Lima sendi utama penyusun Pancasila adalah Ketuhanan Yang Maha Esa, kemanusiaan yang adil dan beradab, persatuan Indonesia, kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan/perwakilan, dan keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia, dan tercantum pada paragraf ke-4 Preambule (Pembukaan) Undang-undang Dasar 1945.

Meskipun terjadi perubahan kandungan dan urutan lima sila Pancasila yang berlangsung dalam beberapa tahap selama masa perumusan Pancasila pada tahun 1945, tanggal 1 Juni diperingati sebagai hari lahirnya Pancasila.

Pancasila sejak awal tercipta hingga sekarang memang sudah menuai pro dan kontra. Terbukti dari awal terciptanya pancasila yang awalnya bernama piagam jakarta dengan isi sila yang pertama  “Ketuhanan, dengan kewajiban menjalankan syariat Islam bagi pemeluk-pemeluknya” telah dihapus karena ada ancaman dari pihak Kristen bahwa Indonesia Timur akan melepaskan diri dari NKRI jika tujuh kata itu ditetapkan. Akhirnya pada 18 Agustus tujuh kata tersebut dihapus dan diganti dengan Ketuhanan Yang Maha Esa.

kalau saya sendiri sangat setuju dengan adanya pancasila. karena dengan adanya dasar negara, negara akan mumpunyai kendaraan yang bisa dibuat sebagai pedoman. Memang pancasila sampai saat ini belum bisa dijalankan dengan baik sehingga banyak pihak yang tidak setuju dengan pancasila, tetapi dengan adanya pancasila bisa sedikit membuat negara ini lebih baik, mengenal Tuhan, negara bisa bersatu, pemerintah yang adil, dan bisa saling menghormati. Tidak bisa dibayangkan apabila negara ini tidak memiliki pancasila, semua akan kacau dan tidak terkendali, tidak mengenal persatuan, dan mungkin indonesia tidak bisa bertahan sampai sekarang jika tidak adanya pancasila.

 sumber :

http://www.hidayatullah.com/read/17402/07/06/2011/pancasila-masih-pro-kontra,-bagaimana-sikap-kita?.html

http://id.wikipedia.org/wiki/Pancasila

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

Arsip

Masukkan alamat surat elektronik Anda untuk mengikuti blog ini dan menerima pemberitahuan tentang tulisan baru melalui surat elektronik.

Bergabunglah dengan 3 pengikut lainnya

%d blogger menyukai ini: