TELEMATIKA 4W + 1H

Tinggalkan komentar

Oktober 13, 2015 oleh Abdi Suhendra Manik

TELEMATIKA 4W + 1H

 

What : Apa yang dimaksud telematika?

Telematika merupakan teknologi komunikasi jarak jauh, yang menyampaikan informasi satu arah, maupun timbal balik, dengan sistem digital. pengertian Telematika sendiri lebih mengacu kepada industri yang berhubungan dengan penggunakan komputer dalam sistem telekomunikasi. Yang termasuk dalam telematika ini adalah layanan dial up ke Internet maupun semua jenis jaringan yang didasarkan pada sistem telekomunikasi untuk mengirimkan data. Internet sendiri merupakan salah satu contoh telematika.

Why : Kenapa telematika digunakan?

Seiring perkembangan zaman dan perkembangan teknologi yang tidak ada habisnya dimana kebutuhan bagi masyarakat untuk mendapatkan informasi yang cepat dan akurat. Oleh karena itu kebutuhan telematika sekarang ini tidak dapat diabaikan begitu saja misalnya :

– pada bidang transportasi, penggunaan telematika dapat memberikan informasi jalur tercepat dan termudah dalam berkendara juga dapat melacak keberadaan suatu kendaraan (penggunaan GPS).

– pada bidang pemerintahan, penggunaan telematika dapat mendukung kegiatan pemerintah dalam memberikan pelayanan prima (misalkan : e_goverment) dan lain sebagainya.

Who : Siapa Pengguna Telematika?

seiring dengan perkembangan zaman dan kebutuhan berkomunikasi maka telematika semakin sering dan semakin dibutuhkan oleh banyak pihak, yaitu antara lain :

– Perpustakaan Elektronik

Perpustakaan yang biasanya arsip-arsip buku dengan di bantu dengan teknologi informasi dan internet dapat dengan mudah mengubah konsep perpustakaan yang pasif menjadi agresif dalam berinteraksi dengan penggunanya.

Integrasi antara sistem telekomunikasi dan informatika

Yang dikenal sebagai Teknologi Komunikasi dan Informatika atau ICT (Information and Communications Technology). Secara lebih spesifik, ICT merupakan ilmu yang berkaitan dengan pengiriman, penerimaan dan penyimpanan informasi dengan menggunakan peralatan telekomunikasi.

– E-Commerce

Prinsip dasar dari e-commerce adalah proses jual beli yang dilakukan secara elektronik melalui internet. Proses jual beli yang dimaksud meliputi pemasangan iklan, melakukan pemesanan barang, melakukan pembayaran, sampai mengirim dokumen klaim. Karena e-commerce dapat diakses secara luas di seluruh dunia, maka proses jual beli pun terasa mudah sebab sudah tidak bergantung pada ruang dan waktu. Siapapun dapat membeli barang yang dijual di negara manapun dan kapanpun.

E-Learning

Merupakan contoh dari berkembangnya dunia pendidikan dari cara konvensional (tatap muka di kelas) ke cara yang lebih terbuka melalui internet. Hal ini dapat terjadi karena adanya teknologi telematika yang dapat menghubungkan pengajar dengan muridnya. Kegiatan seperti memberikan materi belajar, melakukan ujian, mengirim tugas, mengecek nilai dapat dilakukan secara elektronik.

When : Kapan telematika digunakan?

  • Telematika digunakan pada setiap waktu yaitu setiap detik, menit atau jam. Karena kebutuhan informasi yang setiap saat selalu berubah-ubah dan selalu up to date dengan cepat.

  • Telematika digunakan ketika ingin menyampaikan informasi. Telematika digunakan sebagai penyampai informasi agar orang yang melakukan Komunikasi menjadi lebih berpengetahuan dari sebelumnya. Bertambahnya pengetahuan manusia akan meningkatan keterampilan hidup, menambah kecerdasan, meningkatkan kesadaran dan wawasan.
  • Telematika digunakan sebagai sarana kontak sosial hidup bermasyarakat. Interaksi sosial menimbulkan kebersamaan, keakraban, dan kesatuan yang akan melahirkan kerjasama. Telematika menjadi penghubung diantara peserta kerjasama tersebut, walaupun mereka tersebar dimanamana. Telematika menjembatani proses interaksi sosial dan kerjasama sehingga menghasilkan jasa yang memiliki nilai tambah dibanding hasil perseorangan.

How : Bagaimana telematika digunakan?

Sebelum adanya internet telematika digunakan melalui jaringan telepon, saluran televisi yang masih nasional, ataupun stasiun radio yang masih sederhana, namun penggunaannya masih terbatas sehingga masyarakat masih sulit menggunakannya. Masyarakat tidak dapat melakukan interaksi secara langsung dalam waktu singkat kecuali melalui telepon, harganya pun masih cukup mahal. Setelah memasuki era internet, telematika dapat berkembang menjadi pesat, salah satunya interaksi antar orang dapat dilakukan yaitu dengan hanya melakukan tatap muka. Interkasi ini dapat dilakukan oleh semua orang yang menggunakannya.

SUMBER :

http://azul-jellyfish.blogspot.co.id/2012/10/telematika-what-who-when-where-why.htmlhttp://rap0501.blogspot.co.id/2014/10/apa-itu-telematika.htmlhttp://aditya-purnama.blogspot.co.id/2014/10/media-komunikasi-yang-sering-digunakan.htmlhttp://abdulghoni-asykur.blogspot.co.id/2013/11/pengantar-telematika.html

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

Arsip

Masukkan alamat surat elektronik Anda untuk mengikuti blog ini dan menerima pemberitahuan tentang tulisan baru melalui surat elektronik.

Bergabunglah dengan 3 pengikut lainnya

%d blogger menyukai ini: