Tugas 3 (Etika dan Profesionalisme TSI#)

Tinggalkan komentar

Juni 4, 2016 oleh Abdi Suhendra Manik

Hak Kekayaan Intelektual (HAKI)

Hak  Kekayaan Intelektual (HAKI) adalah hak eksklusif Yang diberikan suatu peraturan kepada seseorang atau sekelompok orang atas karya ciptanya. Secara sederhana HAKI mencakup Hak Cipta, Hak Paten Dan Hak Merk. Namun jika dilihat lebih rinci HAKI merupakan bagian dari benda (Saidin : 1995), yaitu benda tidak berwujud (benda imateriil).

Hak Atas Kekayaan Intelektual (HAKI) termasuk dalam bagian hak atas benda tak berwujud (seperti Paten, merek, Dan hak cipta). Hak Atas Kekayaan Intelektual sifatnya berwujud, berupa informasi, ilmu pengetahuan, teknologi, seni, sastra, keterampilan dan sebagainya yang tidak mempunyai bentuk tertentu.

Merek Dagang

Merk Dagang (Trademark) digunakan oleh pebisnis untuk mengidentifikasikan sebuah produk atau layanan. Merk dagang meliputi nama produk atau layanan, beserta logo, simbol, gambar yang menyertai produk atau layanan tersebut.

Pengertian Hak Merk Berdasarkan Undang-Undang Nomor 15 Tahun 2001 :

Merek adalah tanda yang berupa gambar, nama, kata, huruf- huruf, angka- angka, susunan warna, atau kombinasi dari unsur- unsur tersebut yang memiliki daya pembeda dan digunakan dalam kegiatan perdagangan barang atau jasa. (Pasal 1 Ayat 1)

Istilah – Istilah Merk :

  • Merek dagang adalah merek yang digunakan pada barang yang diperdagangkan oleh seseorang atau beberapa orang secara bersama-sama atau badan hukum untuk membedakan dengan barang-barang sejenis lainnya.
  • Merek jasa yaitu merek yang digunakan pada jasa yang diperdagangkan oleh seseorang atau beberapa orang secara bersama-sama atau badan hukum untuk membedakan dengan jasa-jasa sejenis lainnya.
  • Merek kolektif adalah merek yang digunakan pada barang atau jasa dengan karakteristik yang sama yang diperdagangkan oleh beberapa orang atau badan hukum secara bersama-sama untuk membedakan dengan barang atau jasa sejenis lainnya.
  • Hak atas merek adalah hak khusus yang diberikan negara kepada pemilik merek yang terdaftar dalam Daftar Umum Merek untuk jangka waktu tertentu, menggunakan sendiri merek tersebut atau memberi izin kepada seseorang atau beberapa orang secara bersama-sama atau badan hukum untuk menggunakannya.

Beberapa Contoh Merek Dagang Mirip.

Playstation dan Polystation

Ini juga salah satu contoh dari produk mirip namun memiliki merek yang berbeda. Produk yang aslinya adalah “Playstation” , dan produk tiruan nya adalah “Polystation”. Kedua produk ini memiliki tingkat kemiripan yang tinggi alias hampir sama persis. Kedua produk ini mirip dari segi kata, warna, dan logo “PS” yang terletak di sebelah kanan atas nya pun hampir sama, hanya saja yang membedakannya hanya huruf “O” pada “Polystation” dan huruf “A” pada “Playstation” dengan letak yang berbeda pula. Playstation adalah berasal dari “SONY” perusahaan elektronik dari Jepang yang ternama, sedangkan Polystation adalah merek tiruan buatan dari Indonesia.

 Stick PS Sony & Stick PS Sqmy

Kedua produk ini memiliki kemiripan dari segi merek yang digunakan, yaitu “SONY” dan “SQMY”. Produk aslinya adalah “SONY” yang berasal dari Jepang, sedangkan produk tiruan nya adalah buatan Cina dengan merek “SQMY”. Pada kedua stik tersebut, yang aslinya “SONY” memiliki warna keabuan terang dengan warna dasar putih terang keabuan, sedangkan pada “SQMY” memiliki warna keabuan lebih gelap dengan warna dasar stik putih.

Sepatu Nike Vapor 8 original & Sepatu Nike mercurial 8 KW

Kembar tapi beda, namun sekilas dilihat mirip dari segi warna dan letak logo “ceklis” yang menjadi trademark dari merek ternama buatan U.S ini yaitu “NIKE”. “NIKE” yang asli memiliki grip anti selip di bawahnya berwarna orange dan bening dengan warna dasar abu-abu perak, sedangkan barang KW-nyatidak memiliki anti-slip dan grip sama sekali (polos). Harga “NIKE” asli mencapai 161,48 Euro dan Kw-nya hanya sekitar 260 ribu-an saja kurang lebihnya. “NIKE” asli adalah buatan Amerika, sedangkan Kw-nya adalah buatan Italia.

 

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

Arsip

Masukkan alamat surat elektronik Anda untuk mengikuti blog ini dan menerima pemberitahuan tentang tulisan baru melalui surat elektronik.

Bergabunglah dengan 3 pengikut lainnya

%d blogger menyukai ini: